4 Ciri Khas Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

4 Ciri Khas Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

Anak yang terlihat sehat apalagi terlihat gemuk, menandakan asupan makanan atau nutrisi yang didapatkan pas. Namun, anak yang terlihat kurus bahkan terlihat letih maupun lesu, membuat orangtua harus berpikir untuk menambahkan nutrisi tambahan. Salah satu solusi alternatifnya adalah pemberian susu. Berikut ini ada beberapa ciri khas dari susu penambah berat badan untuk anak yang bisa Anda cari.

 1. Terdapat Kandungan Karbohidrat Tinggi

Pada umumnya susu biasa dengan susu penambah berat badan memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan pertama ini, Anda bisa mengecek pada komposisi yang ada di kemasan susu.

Pada susu biasa seperti susu formula sapi maupun susu formula kedelai, kandungan karbohidrat tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan susu penambah berat badan. Pasalnya karbohidrat ini berpengaruh pada kandungan kalori.

Apabila pada susu biasa mengandung rata-rata mengandung 149 kalori, susu penambah berat badan bisa mencapai 600 kalori. Kalori ini digunakan untuk mendapatkan energi. Kalori yang ada di dalam karbohidrat diurai sehingga menghasilkan energi dan tubuh pun terasa bugar saat beraktivitas. Namun, saat kalori yang telah terurai tidak digunakan dalam beraktivitas, secara otomatis tubuh akan menyimpannya dan lama kelamaan mengendap menyebabkan tubuh cepat gemuk.

2. Terdapat Kandungan Protein Tinggi

Ciri berikutnya yang bisa perhatikan pada komposisi kemasan adalah protein. Anda bisa melihat bahwasanya protein pada susu penambah berat badan lebih banyak. Apabila kandungan protein pada susu biasa rata-rata hanya sampai 8 gram per takaran saji, susu penambah berat badan bisa mencapai 50 gram protein.

Ada juga yang lebih hingga mencapai 63 gram. Kandungan ini juga penting mengingat asam amino dalam protein digunakan untuk menambah daya tahan tubuh dan menguatkan tulang dalam pertumbuhan anak.

3.  Terdapat Kandungan Lemak Tinggi

Tak jarang juga dalam susu penambah berat badan untuk anak mengandung lemak sehat. Pada susu biasa atau susu formula, kandungan lemak sekitar 5 sampai 8 gram. Sedangkan pada susu penambah berat badan, kandungan lemak sekitar 10 sampai 17 gram. Pada umumnya lemak ini juga mengandung komposisi lainnya seperti trigliserida yang menjadikan total kandungan lemak total lebih banyak.

4.  Terdapat Kandungan Vitamin Tinggi

Pada umumnya kandungan vitamin dalam susu penambah berat badan lebih banyak daripada vitamin dalam susu biasa atau susu formula. Yakni ada vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Ada vitamin D yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan berguna membantu penyerapan kandungan lainnya. Ada vitamin E yang juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit, vitamin K untuk membantu proses pembekuan darah, dan vitamin B komplek.

Demikian beberapa ciri khas dari susu penambah berat badan untuk anak yang bisa lihat secara rinci pada komposisi kemasan. Jangan lupa untuk mengecek masa kedaluwarsa pada kemasan sebelum membeli.

You may also like...