10 Tips Brand Marketing dari Pakar Brand untuk Bisnis Anda

Anda perlu panduan branding untuk usaha? Membuat identitas merek adalah taktik usaha yang harus dilaksanakan. Masalahnya branding yang kuat akan membuat usaha lebih dicintai customer dan tahan lama.

Tetapi, lakukan usaha branding tidak gampang. Diperlukan langkah yang pas dan proses yang berkepanjangan supaya merek usaha makin kuat.

Silahkan baca bermacam panduan branding produk dari beberapa pakar di bawah ini. Dengan demikian, Anda akan tahu langkah lakukan branding dengan lebih bagus! Berikut bermacam panduan branding dari ahli merek marketing yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis:

  1. Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen

“Dengan membuat ketergantungan emosi konsumen, pemasaran dan hari esok usaha bisa makin ceria, itu kenapa sebuah merek harus membuat ketergantungan emosi dengan customernya”

“Dalam membuat emotionally connected konsumen dengan merek, langkah awal yang perlu dilaksanakan ialah building communication rencana. Cara berikut yang akan tentukan bagaimana customer menyaksikan merek Anda.

Untuk membuat communication rencana yang kuat diperlukan langkah-langkah berikut, yakni SWOT analysis, tentukan mission, message, dan audiens grup.”

  1. Membangun Branding yang Kuat di Media Sosial

“Sebuah merek tentu punyai sasaran audience yang bermacam. Maka kita harus ketahui lebih dulu siapa sasaran audience merek. Disamping itu, Anda pun jadi ketahui saluran sosial media yang mana pas dipakai.

  1. Ciptakan Brand dengan Karakter yang Kuat

“Merek sama dengan manusia yang mempunyai watak. Lantas, bagaimanakah cara membuat suatu merek jadi hidup dan mempunyai watak yang kuat?

Bisnis Digital

Ada empat cara kesuksesannya: Tell a story. Narasi bisa mengundang perhatian orang dan membuat merek lebih dapat dikenang, Being trusted. Beri narasi yang trusted untuk jaga kredibilitas dan keyakinan customer,

Give your merek a personality. Bikinlah personality pada merek Anda sesuai arah usaha, Listen to stories too. Dengar narasi dari konsumen untuk menolong membuat story merek yang kuat.”

  1. Jalankan Tips Branding yang Sustainable

“Membuat branding yang sustainable dapat dilaksanakan dengan berikut ini:

Membuat values merek yang kuat, Berani stand out, Bekerjasama dengan merek lain, Fleksibel mengikut jaman”, Tarrence K. Palar, Merek Communication Manajer Harian Kompas.

  1. Gunakan Direct Marketing untuk Mendukung Branding Strategy

“Cara simpatisan branding dapat dilaksanakan dengan direct pemasaran. Arah intinya untuk ajak customer lakukan action tertentu, baik lakukan pembelian, isi form, atau isi survey.

Direct pemasaran ini efisien dilaksanakan dengan digital pemasaran. Mengapa? Karena digital pemasaran benar-benar gampang untuk diukur dan dikaji performnya. Hingga, bisa nampak secara jelas apa taktik dan goal yang dibikin terwujud atau mungkin tidak.”

  1. Bagikan Brand Story yang Memikat Target Pasar

“Sharing-sharing dulu, selling-selling setelah itu. Maknanya, membuat sebuah merek yang kuat dan bisa dikenali beberapa orang bisa dilaksanakan dengan membuat story yang memikat berkenaan merek”

  1. Pahami Konten dan Media yang Tepat untuk Branding

“Konten is a king. Dalam membuat branding, pikir content apa yang terbaik dan terbaik untuk media yang Anda pakai. Dapat disaksikan dari regionnya (wilayahnya), juga bisa disaksikan dari type mediumnya. Karena itu, sangat penting lakukan penelitian saat sebelum mempublish content dalam suatu saluran media.”

  1. Jalankan Strategi Mitigasi Krisis Branding

“Sebuah merek sama dengan seperti manusia, yang mempunyai personalitas, nilai, cerita, dan kadang dapat melakukan perbuatan kekeliruan. Maka untuk meminimalkan ada kekeliruan atau kritis dalam branding, kita harus lebih peka menyaksikan kondisi dan situasi customer.

  1. Membangun Brand Story yang Berkesan

“Membuat story agar dapat menempel dalam satu merek sebaiknya dengan membuat suatu hal yang terkesan dan bisa dikenang terus-terusan. Triknya, dengan membuat arti filosofis yang kuat dari merek kita.

Kita perlu mengikut perubahan jaman, bekerjasama, dan lakukan penilaian agar produk kita tidak ditinggal.”

  1. Kenali Identitas Brand dalam Upaya Branding

“Membuat merek itu bukan hanya masalah produk, tapi juga membuat keyakinan. Maka keseluruhannya, nyawa apakah yang ingin Anda katakan dibalik narasi. Itu kenapa, tiap merek punyai satu DNA semasing. Meskipun produknya sama, tapi nyawa dan personalitasnya bisa berlainan.

Kunci dalam membuat merek ialah harus mengenal diri kita dan tahu arah membuat merek buat apa. Knowing your merek means knowing your identity”

You may also like...