6 Tips Merawat Kursi Tamu Jati Agar Tetap Kinclong

Kursi tamu jati biasanya memiliki harga yang mahal karena kualitasnya memang terbaik. Oleh karena itu dalam perawatannya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Seperti diketahui kursi jati akan membuat tampilan ruang tamu lebih mewah karena ukirannya unik dan berbeda. Dan kursi jati memang harus memiliki perhatian khusus di bagian perawatan untuk menjaga agar perabotan satu ini awet. Simak berikut ini caranya.

1. Jangan Pernah Duduk Pada Bagian Lengan Kursi

Jangan sekali-kali terbiasa untuk duduk dibagian lengan kursi. Bagian ini biasanya tidak didesain kuat untuk menopang beban dengan berat berlebih seperti halnya bagian dudukan kursi. Oleh karena itu, jika anda terbiasa melakukan kebiasaan buruk ini maka keawetan kursi jadi lemah dan mudah patah.

2. Jangan Pernah Jadikan Kursi Tamu Sebagai Pijakan

Salah satu kebiasaan buruk lainnya saat memperlakukan furniture Jepara kendala dengan menjadikannya kebijakan saat akan menjangkau ketinggian. Misalnya untuk kebijakan saat memasang lampu atau menjangkau barang di tempat yang tinggi. Kebiasaan buruk seperti ini jangan dilakukan jika tidak mau kursi jadi anda cepat rusak.

Belum lagi kursi jati ini tidak didesain untuk menopang beban berat badan seluruhnya. Jika memang ini menjangkau ketinggian sebaiknya gunakan kursi lain saja.

3. Jauhkan Dari Jangkauan Anak-Anak

Sebaiknya jauhkan kursi tamu jati dari jangkauan anak-anak untuk meminimalisir terjadinya goresan besar maupun kecil. Goresan-goresan yang ada pada kursi akan membuat keindahannya jadi menurun.

Anda bisa mengurangi aktifitas yang mengikutsertakan anak-anak ketika bermain di ruang tamu. buat ruangan khusus untuk anak-anak bermain agar tidak menggunakan ruang tamu sebagai arena bermainnya.

4. Membersihkan Kursi Jati Secara Rutin

Anda bisa membersihkan furniture Jepara secara rutin minimal seminggu dua atau tiga kali. Cara pembersihannya yaitu dengan melakukan sejati menggunakan kain basah lalu dikeringkan dengan menggunakan lap kering. untuk bagian-bagian ukiran jati sebaiknya bersihkan menggunakan kuas kecil agar tidak ada debu yang menempel di sela-selanya.

Pembersihan sela-sela kursi tamu ini Untuk menghindarkan jamur yang mudah tumbuh dan membuat kursi tetap nampak kinclong.

5. Letakkan Pada Tempat Kering Dan Suhunya Normal

Meski penempatan kursi tamu ini di ruang tamu namun sebaiknya pilih bagian yang tempatnya terasa kering dengan suhu normal. Kursi tamu jati tidak tahan dengan suhu panas secara terus-menerus karena bisa membuat kayu kering dan menyusut. Hal ini akan menyebabkan timbul retakan pada lapisan kayu.

Apalagi jika ruang tamu anda memiliki pantulan sinar matahari langsung, usahakan hal ini tidak terjadi. Selain tempat yang panas jangan pula letakkan di bagian yang terasa lembab karena kursi tamu jati bisa mudah terkena jamur dan serangga.

6. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Saat pembersihan kursi jati sebaiknya gunakan khusus cairan pembersih jati yang cukup banyak dijual di pasaran. cairan khusus yang digunakan akan membuat tampilan kursi jati lebih terjaga sehingga tidak mudah kusam ataupun luntur.

Pembersihan furniture dengan menggunakan cairan khusus yaitu caranya cukup mudah dengan menggunakan lap kering. Namun cairan ini tidak boleh terlalu sering digunakan karena akan merusak warna dasar kursi dan membuatnya cepat lembab.

Demikian beberapa tips untuk merawat kursi tamu jati karena kursi dengan material kayu ini memang harus memiliki perhatian lebih. Kursi jati biasanya memiliki harga yang mahal, jadi  sepantasnya benar-benar dijaga karena anda sudah mengeluarkan masjid yang besar pada furniture ini.

Pembelian kursi jati yang berkualitas anda bisa berkunjung ke galenafurniture.com. Yang sudah terpercaya dan memiliki produk jati dengan kualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *