6 Penyebab Umum Mengapa Nyeri Pergelangan Tangan Bisa Datang

Rasa nyeri pada pergelangan tangan yang kita rasakan bisa membuat kita tidak perasa nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Penyebab umum  mengapa rasa nyeri pada pergelangan tangan munculpun bisa beragam. Bisa karena cedera, bisa juga karena penyakit yang kita derita. Namun ketika rasa nyeri pada pergelangan tangan terjadi secara tiba-tiba, mungkin anda merasa bingung. Nah, peradangan atau rasa nyeri yang terjadi secara tiba-tiba tersebut merupakan hasil dari otot tangan yang sering merngalami peradangan, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Adapun berikut ini penjelasan mengenai 8 penyebab umum mengapa anda sering mengalami nyeri pada pergelangan tangan.

  1. Adanya asam urat

Memiliki kadar asam urat yang sangat tinggi atau berlebihan, ternyata bisa membuat persendian menjadi sakit. Sehingga terkadang asam urat yang menumpuk pada bagian pergelangan tangan akan membuat pergelangan menjadi sakit dan juga bengkak. Maka dari itu, anda harus menghindari makanan-makanan yang bisa membuat kadar asam urat pada tubuh anda naik. Konsumsilah makanan-makanan sehat yang bisa mengurangi kadar asam urat hingga tubuh bisa kembali sehat.

  • Pernah keseleo

Penyebab umum nyeri pada pergelangan tangan yang kedua adalah keseleo. Mungkin keadaan ini terdengar sepele, namun ketika seseorang jatuh dan melakukan pertahanan dengan menahan tubuhnya agar tidak jatuh menggunakan tangannya. Orang tersebut bisa merasakan adanya peregangan pada ligamen yang terjadi secara tiba-tiba. Maka dari itu, orang yang keseleo sering sekali mengalami persendian yang sakit. Baik itu di pergelangan tangan maupun di pergelangan kakinya.

  • Adanya pengapuran tulang pada tubuh

Pengapuran tulang biasanya menyerang para lansia karena usia senjanya. Hal ini disebabkan lansia sudah terlalu sering menggunakan sendi mereka dalam waktu yang cukup lama, sehingga terjadi terjadi kekeroposan dan rasa tidak kuat dalam menggenggam suatu barang. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa persendian dibentuk melalui dua tulang yang mana diantaranya ada bantakan yang bisa menggerakan sendi sehingga tidak akan merasakan sakit ketika bergerak secara bebas. Jadi ketika bantalan tersebut semakin lama semakin menipis, akan membuat tangan merasa nyeri ketika mereka mengalami gesekan.

  • Riwayat rematik

Memiliki riwayat rematik ternyata bisa membuat pergelangan tangan sering merasa nyeri. Karena biasanya rematik akan langsung menyerang dua pergelangan tangan sekaligus, sehingga terkadang rasa sakit yang ditimbulkan rematik, bersamaan dengan pembengkakan yang terjadi pada pergelangan tangan.

  • Adanya kista ganglion

Pasti anda berfikir, bahwa kista hanya berada pada bagian vital manusia saja. Namun pada pergelangan tangan juga bisa menimbulkan kista yang mana rasa nyeri dari kista kecil terasa lebih sakit dibandingkan dengan kista besar. Jadi sangat dianjurkan bagi anda untuk segera menindaklanjuti kista pada pergelangan tangan anda jika anda tidak ingin merasakan akibatnya.

  • Terkena sindrom gerakan yang berulang

Untuk sindrom yang satu ini biasanya disebabkan oleh aktivitas pergelangan tangan yang dilakukan secara berulang-ulang seperti mengetik, menyulam, dan aktivitas yang lainnya. Sehingga ketika pergelangan tangan anda bekerja terlalu keras, anda bisa mendaoatkan pembengkakan, sehingga akan menekan saraf. Dan tentunya kondisi ini akan membuat pergelangan anda semakin tertekan dan sakit.

Demikian penjelasan singkat mengenai penyebab umum nyeri pada pergelangan tangan. Semoga bisa menjawab, mengapa anda sering mendapatkan rasa nyeri pergelangan tangan. Mungkin ada salah satu dari penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya. Karena sebenarnya masih banyak sekali penyebab-penyebab mengapa pergelangan tangan sering merasa nyeri baik berulang-ulang maupun secara tiba-tiba.

You may also like...